6 Makanan Protein Tinggi dan Sehat 2019

Ingin hidup sehat? Atau mau menurunkan berat badan tanpa ribet? Makanan berprotein tinggi punya banyak manfaat untuk bikin kita lebih sehat dengan berat badan ideal lho. Kenapa sih kita harus makan makanan berprotein tinggi secara teratur? Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan berprotein tinggi lho. 6 Makanan Protein Tinggi dan Sehat 2019.
Ini dia beberapa dampak positif dari makanan berprotein tinggi yang bisa jadi motivasi kita untuk lebih banyak mengkonsumsinya. Apa aja sih makanan berprotein tinggi yang bisa kita konsumsi? Yuk simak ulasannya! 6 Makanan Protein Tinggi dan Sehat 2019.
Supaya kita bisa merasakan manfaat protein untuk menjaga kesehatan tubuh kita, ada beberapa makanan berprotein tinggi yang bisa kita konsumsi sehari-hari lho. Supaya kita bisa lebih sehat.

1. Telur

Tahukah kamu kalau telur ayam adalah makanan yang disebut-sebut sebagai makanan paling sehat di seluruh dunia. Selain mengandung protein yang tinggi, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh lho. Telur ayam bahkan mengandung kolin yang menjaga kesehatan. Sistem saraf, hati, dan jantung kita lho dan lutein yang menjaga kesehatan mata.
Protein yang paling tinggi di telur ayam terdapat di bagian putih telur. Tapi vitamin dan mineral lainnya justru paling banyak terdapat di kuningnya. Untuk kita yang mau menurunkan berat badan juga. Sebaiknya makan telur ayam bagi hari saat sarapan karena bisa bikin kita lebih kenyang seharian.

2. Kacang almond

Coba tebak, berapa gram protein yang terdapat dalam 10 butir kacang almond. Di dalam 10 kacang almond ternyata terdapat 2.5 gram protein lho. Jadi, dengan makan 20 butir almond tiap hari. Kita udah bisa mendapat 5 gram protein yang bikin kita merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Kacang almond juga mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa bikin kita awet muda. Serta vitamin E yang mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker lho.
Kacang almond bisa kita konsumsi dalam bentuk susu almond yang lagi hits atau kita tambahkan pada oatmeal dan smoothie bowl kita lho. Selain itu, kacang almond yang dipanggang tanpa garam terlalu banyak juga cocok banget untuk kita makan lho.

3. Dada ayam

Nah, kalau kamu lagi diet dan ingin makanan berprotein tinggi untuk membantu kamu menurunkan berat badan. Dada ayam cocok banget nih untuk kamu makan karena kalorinya rendah dan proteinnya tinggi sehingga bikin kamu kenyang tanpa berkalori tinggi. Protein dalam 1 ons dada ayam rebus tanpa bumbu juga tinggi banget. Yaitu 31 gram per ons lho. Selain itu, kadar garam yang rendah di dada ayam juga cocok untuk kita yang berisiko terkena hipertensi.
Dada ayam bisa kita makan bareng salad supaya kita juga mengkonsumsi serat yang tinggi juga. Dada ayam juga enak banget dimakan dan tetap sehat ketika ditumis bareng sayuran atau dipanggang menjadi steak tanpa bumbu berlebihan.

4. Greek yogurt

Yogurt memang pada dasarnya mengandung protein yang banyak. Tapi, menurut majalah Prevention, yogurt jenis greek yogurt adalah yang paling baik untuk kesehatan kita lho karena mengandung 2 kali lebih banyak protein. Selain itu, greek yogurt juga mengandung bakteri baik yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan dan bikin perut nggak buncit.
Walaupun greek yogurt sehat banget, hati-hati dengan bahannya ya. Pastikan greek yogurt yang kita konsumsi nggak ditambahkan zat aditif buatan dan gula tambahan yang bikin kita nggak sehat.

5. Kentang Panggang

Makanan yang satu ini terkenal dengan karbohidratnya yang banyak dan seringkali disebut sebagai musuh orang yang sedang diet. Tapi, sebenarnya kentang panggang justru bermanfaat banget untuk menurunkan berat badan lho karena mengandung protein yang lumayan banyak. Kalau mau menambah topping di kentang panggang, sebaiknya tambahkan topping berupa sayur atau daging cincang tanpa bumbu terlalu banyak ya.

6. Tuna

Sama seperti dada ayam, tuna juga mengandung sekitar 30 gram protein per onsnya. Selain itu, salah satu daging ikan yang paling banyak dikonsumsi sedunia. Ini juga mengandung selenium untuk mengurangi risiko terkena penyakit autoimun dan niacine yang mencegah depresi.
Walaupun tuna enak banget dikonsumsi dalam bentuk sashimi atau dicampur spaghetti. Hati-hati dengan jenis tuna yang kita konsumsi ya. Jangan makan tuna kalengan yang mengandung terlalu banyak garam sehingga bikin kita gampang terkena hipertensi. Selain itu, hindari juga tuna Maguro dan Bluefin yang udah langka ya.

 

5 Tips Sahur agar Tubuh Tak Berpuasa 2019

Tanpa terasa bulan Ramadan telah tiba. Ibadah puasa Ramadan memang wajib dijalankan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadan biasanya jadi kesempatan untuk memperbanyak ibadah dan berlomba-lomba mendapatkan pahala. Sayangnya, puasa bagi sebagian orang kadang jadi alasan untuk bermalas-malasan. 5 Tips Sahur agar Tubuh Tak Berpuasa.
Padahal dengan cara yang benar, puasa malah bikin tubuh sehat. Selama ini tubuh yang lemas jadi alasan kenapa bermalas-malasan saat puasa. Tubuh lemas ini bisa jadi karena cara atau menu sahur Anda yang salah. Berikut ini ada lima tips sahur yang benar agar tubuh kita selalu segar walaupun sedang berpuasa. 5 Tips Sahur agar Tubuh Tak Berpuasa.

1. Porsi sewajarnya

Yang pertama, makanlah dengan porsi sewajarnya saat sahur. Jangan karena akan puasa, membuat Anda makan tanpa kontrol dan dalam porsi banyak. Makan berlebihan saat sahur justru bisa membuat tubuh tak berenergi saat puasa. Karena Anda jadi mudah ngantuk akibat terlalu banyak makan.

2. Karbohidrat kompleks

Lalu kedua, konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks karena lama dicerna oleh usus jadi bisa menyimpan banyak energi cadangan dalam tubuh. Selain itu, perbanyak juga protein agar tubuh tak mudah lemas memasuki siang hari. Hindari makanan berlemak dan pedas.

3. Makan dengan santai

Ketiga, mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru juga berpengaruh pada kualitas puasa. Saat sahur, coba makan dengan santai. Makan dengan cepat ternyata bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu dan perut pun cepat kosong sehingga mudah lapar.

4. Perbanyak minum air putih saat sahur

Selain itu, perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Perbanyak juga makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi, supaya terhindar dari konstipasi atau sembelit selama berpuasa.

5. Jangan tidur usai salat subuh

Yang kelima , usahakan jangan tidur usai salat subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur akan terbuang sia-sia. Dengan lima langkah ini, tentu tak ada alasan tubuh terasa lemas saat berpuasa.

 

5 Cara Menghadapi Cuaca Dingin

Pernahkah Anda bertanya mengapa flu dan infeksi pernapasan lainnya adalah empat kali lebih sering terjadi selama cuaca dingin daripada cuaca panas.  Cuaca dingin sering dianggap sebagai biang keladinya -virus. Dapat bertahan hidup lebih lama di luar tubuh ketika suhu menurun, sehingga virus bertahan hidup di gagang pintu. Jaringan dan permukaan lainnya minimal selama 24 jam. Menghirup udara dingin mengurangi respons kekebalan tubuh di dalam lapisan hidung. Kurangnya sinar Matahari menurunkan kadar vitamin D. Sehingga mengganggu kekebalan tubuh dan karena kita lebih banyak menghabiskan waktu terkurung bersama di dalam ruangan maka infeksi dapat menyebar. 5 Cara Menghadapi Cuaca Dingin.
Anda tidak harus menyerah bila terpapar virus pada cuaca dingin. Jika sistem kekebalan tubuh mencapai kinerja puncak. Anda akan terhindari dari ratusan virus penyebab flu tanpa menderita gejala yang bermakna 5 Cara Menghadapi Cuaca Dingin.

 

1. Makan makanan bergizi

bergizi
bergizi

Makanan yang bergizi memasok vitamin, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan oleh sel darah putih untuk mengatasi bakteri dan virus. Dalam kondisi seperti ini bukan waktunya untuk berhemat makan lima porsi buah dan sayuran sehari.
Jika Anda tidak makan banyak daging atau tidak makan daging sama sekali, maka adalah penting untuk memastikan Anda tidak menderita kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi adalah sering terjadi dan menyebabkan Anda menderita flu, karena zat besi dibutuhkan oleh sel darah putih dalam merespons kekebalan tubuh dalam membunuh mikroba.
Sangat dianjurkan untuk makan jamur shiitake untuk meningkatkan kekebalan tubuh, di mana penelitian telah membuktikan bahwa jamur shiitake mengandung zat lentinan, yang merangsang aktivitas anti-virus sel darah putih.

2. Konsumsi Yoghurt

Yoghurt
Yoghurt

Minum yoghurt atau suplemen probiotik setiap hari akan meningkatkan kekebalan tubuh. Bakteri probiotik merangsang sel kekebalan tubuh di dalam usus untuk meningkatkan produksi antibodi IgA – yaitu jenis antibodi yang terdapat di dalam saluran usus dan saluran pernapasan untuk menjaga supaya tidak terjadi infeksi. Bakteri probiotik juga mengeluarkan antibiotik alami (bakteriosin seperti asidofilin dan bulgarikan) dan merangsang produksi interferon, yaitu zat anti-virus alami yang dihasilkan oleh beberapa sel kekebalan tubuh.

3. Vitamin D adalah penting

Vitamin D
Vitamin D

Kekurangan vitamin D semakin diakui sebagai pemicu gejala flu selama cuaca dingin ketika terlalu sedikit sinar ultraviolet untuk memicu sintesis vitamin D di kulit. Penelitian yang melibatkan lebih dari 19.000 orang dewasa telah menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah meningkatkan risiko menderita flu sebanyak 36% dibandingkan dengan kadar vitamin D yang optimal. Suplemen vitamin D layak dipertimbangkan untuk diminum pada cuaca dingin.

4. Sembuh dari flu berkat vitamin C

vitamin C
vitamin C

Vitamin C adalah salah satu nutrisi paling kuat dalam meningkatkan kekebalan tubuh yang ditemukan secara alami dalam buah dan sayuran. Vitamin C bersifat antivirus yang menekan penyalinan gen virus sehingga gejala flu berkurang. Penelitian yang melibatkan murid sekolah dan mahasiswa telah menemukan bahwa vitamin C dapat mengurangi risiko menderita flu sebanyak 30%. Dosis yang digunakan dalam percobaan ini adalah 600 mg sampai 1 gram vitamin C setiap hari, melebih kadar vitamin C yang terdapat di dalam makanan. Banyak tersedia suplemen vitamin C.

5. Pendukung kekebalan tubuh

kekebalan tubuh
kekebalan tubuh

Beberapa obat herbal adalah efektif untuk mencegah dan mengobati flu.

Echinacea adalah jamu tradisional yang meningkatkan jumlah dan aktivitas sel darah putih yang melawan infeksi. Echinacea juga meningkatkan produksi interferon, yaitu zat anti-virus alami pada tubuh. Dosis rendah echinacea yang diminum dalam jangka panjang bermanfaat untuk mengurangi infeksi. Dosis echinacea yang lebih tinggi hanya diminum saat menderita infeksi. Ikuti petunjuk pada kemasan, karena merek yang berbeda memiliki aturan dosis yang berbeda.

Pelargonium adalah pengobatan alami yang paling efektif jika gejala flu menyerang. Pelargonium jauh lebih efektif daripada resep dari dokter. Ekstrak dari akar Pelargonium sidoides – geranium Afrika Selatan — bersifat antiviral dan antibakteri dan merangsang pembersihan lendir yang terinfeksi.
Mulai minum ekstrak dari akar Pelargonium sidoides sedini mungkin selama cuaca dingin, sehingga gejala biasanya mereda dalam waktu 24 jam selama 3 hari, jika kurang dari 3 hari maka infeksi kambuh kembali. Pelargonium dapat digunakan untuk mengobati flu, sakit tenggorokan, batuk, radang tenggorokan, bronkitis dan sinusitis

10 Tips Ibu Hamil

Ibu Hamil
Ibu Hamil

Menjalani masa-masa kehamilan adalah salah satu momen yang sangat menakjubkan bagi setiap wanita. ada saja hal yang akan membuat wanita merasa bahagia sekaligus cemas menanti kelahiran buah hatinya terutama para ibu muda yang belum banyak berpengalaman. Meskipun saat ini kita bisa mengetahui berbagai macam info mengenai kehamilan, tidak ada salahnya jika kamu, para ibu muda yang sedang hamil menyimak 10 Tips Ibu Hamil berikut ini.

1. Makan Sedikit Tapi Sering

Makan Sedikit
Makan Sedikit

Sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga asupan gizinya. Saat memasuki trimester pertama biasanya ibu hamil akan merasa mual dan tidak enak makan akibat gejala morning sickness atau karena ngidam. Untuk mengatasi hal ini makanlah dalam porsi sedikit tapi sering misalnya lima hingga enam kali sehari. Makan sering dalam porsi kecil akan membuatmu tetap bertenaga dan jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan sehat agar nutrisi tercukupi.

2. Jangan Membaca Buku Atau Artikel Yang Membuatmu Cemas

Membuatmu Cemas
Membuatmu Cemas

Ada banyak artikel dan informasi mengenai kehamilan yang bisa ditemukan baik diinternet maupun dibuku-buku kehamilan. Untuk menghindari kecemasan berlebih akibat rasa ingin tahu akan perkembangan bayi, sebaiknya jangan terlalu sering membaca hal-hal yang membuatmu cemas. Jika mengalami masalah sebaiknya segera konsultasikan pada dokter kandungan atau bidan terdekat, ya Mom’s!

3. Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Pakaian Nyaman
Pakaian Nyaman

Saat hamil jangan memaksakan diri untuk tampil modis karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan saat kamu mencoba untuk mengenakan pakaian tertentu bisa sangat menggangu kehamilan. Gunakan pakaian longgar yang akan terasa nyaman saat digunakan atau jika ingin menggunakan celana, gunakan celana dengan bahan yang ringan dan sejuk serta pilihlah celana dengan karet pada bagian pinggang.

4. Latihan Olahraga Ringan

Olahraga Ringan
Olahraga Ringan

Berolahraga ringan saat hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil muda. Tidak perlu berpikir untuk melakukan aktifitas olahraga yang melelahkan, berjalan selama 15 menit dipagi hari cukup untuk melatih otot atau kamu juga bisa berenang maupun melakukan yoga ringan untuk menghilangkan rasa cemas dan stress saat kehamilan.

5. Jagalah Berat Badan

Jagalah Berat
Jagalah Berat

Jangan berpikir bahwa disaat kehamilan kamu boleh makan apa saja dan sebanyak apapun hingga beratmu naik berlebihan. Ada kisaran berat badan yang normal pada ibu hamil dan kelebihan berat badan yang timbul pada saat kehamilan justru akan menimbulkan masalah lainnya, perlu diketahui bahwa obesitas selama kehamilan dapat menyebabkan hiperaktifitas pada anak, lho!

6. Menabung Untuk Persiapan Melahirkan

Persiapan Melahirkan
Persiapan Melahirkan

Satu hal yang penting dilakukan saat hamil adalah menabung dan mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan bayi ketika ia lahir nanti. Siapkan tabunganmu utnuk membeli segala peralatan bayi dan juga untuk biaya persalinanmu sendiri terutama jika nantinya kamu harus melahirkan secara Caesar.

7. Jangan Takut Bercinta Dengan Pasangan

Bercinta Dengan Pasangan
Bercinta Dengan Pasangan

Banyak wanita yang tidak mau bercinta saat hamil karena takut penetrasi yang dilakukan pada saat berhubungan seksual bisa mengganggu kehamilannya. Faktanya, jika kehamilan berlangsung normal dan tanpa ada gangguan yang berarti, kamu tetap bisa berhubungan dengan pasanganmu tanpa perlu takut organ intim pasangan menyentuh bayi dalam kandunganmu. Meskipun demikian, saat hamil sebaiknya lakukan seks dengan hati-hati dan dengan posisi senyaman mungkin.

8. Tidurlah Sesering Mungkin

Tidurlah Sesering
Tidurlah Sesering

Ibu hamil muda setidaknya membutuhkan waktu tidur delapan jam semalam dan ia juga harus beristirahat disiang hari. Sempatkan untuk tidur sejam atau dua jam setelah beraktifitas disiang hari dan bersantailah sebisa mungkin.

9. Konsultasi Dengan Dokter Sebelum Mengkonsumsi Obat

Konsultasi
Konsultasi

Sebelum mengkonsumsi obat-obatan kimia, herbal maupun vitamin tertentu jangan lupa untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada bidan maupun dokter kandungan. Obat-obatan dan makanan lain yang kamu konsumsi pastinya akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan janinmu. jadi, hati-hati ya, moms!

10. Gunakan Safety Belt Saat Berkendara

Safety Belt
Safety Belt

Satu hal yang tidak kalah penting adalah aturan berkendara untuk ibu hamil muda. Saat berkendara dalam mobil sebaiknya gunakan sabuk pengaman dan atur posisi duduk senyaman mungkin serta sedikit menjauhi dashboard. Ibu hamil muda boleh saja mengendarai motor tapi sebaiknya dihindari terutama jika usia kandungan semakin tua.

Itulah beberapa tips simple yang bisa dipraktekkan oleh ibu hamil muda yang masih belum mengerti betul tentang kehamilannya. Jangan terlalu khawatir akan kehamilanmu dan nikmati saja saat-saat menyenangkan bersama janin dalam rahimmu. “Enjoy your pregnancy and don’t be stressful”