6 Makanan Protein Tinggi dan Sehat 2019

Ingin hidup sehat? Atau mau menurunkan berat badan tanpa ribet? Makanan berprotein tinggi punya banyak manfaat untuk bikin kita lebih sehat dengan berat badan ideal lho. Kenapa sih kita harus makan makanan berprotein tinggi secara teratur? Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan berprotein tinggi lho. 6 Makanan Protein Tinggi dan Sehat 2019.
Ini dia beberapa dampak positif dari makanan berprotein tinggi yang bisa jadi motivasi kita untuk lebih banyak mengkonsumsinya. Apa aja sih makanan berprotein tinggi yang bisa kita konsumsi? Yuk simak ulasannya! 6 Makanan Protein Tinggi dan Sehat 2019.
Supaya kita bisa merasakan manfaat protein untuk menjaga kesehatan tubuh kita, ada beberapa makanan berprotein tinggi yang bisa kita konsumsi sehari-hari lho. Supaya kita bisa lebih sehat.

1. Telur

Tahukah kamu kalau telur ayam adalah makanan yang disebut-sebut sebagai makanan paling sehat di seluruh dunia. Selain mengandung protein yang tinggi, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh lho. Telur ayam bahkan mengandung kolin yang menjaga kesehatan. Sistem saraf, hati, dan jantung kita lho dan lutein yang menjaga kesehatan mata.
Protein yang paling tinggi di telur ayam terdapat di bagian putih telur. Tapi vitamin dan mineral lainnya justru paling banyak terdapat di kuningnya. Untuk kita yang mau menurunkan berat badan juga. Sebaiknya makan telur ayam bagi hari saat sarapan karena bisa bikin kita lebih kenyang seharian.

2. Kacang almond

Coba tebak, berapa gram protein yang terdapat dalam 10 butir kacang almond. Di dalam 10 kacang almond ternyata terdapat 2.5 gram protein lho. Jadi, dengan makan 20 butir almond tiap hari. Kita udah bisa mendapat 5 gram protein yang bikin kita merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Kacang almond juga mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa bikin kita awet muda. Serta vitamin E yang mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker lho.
Kacang almond bisa kita konsumsi dalam bentuk susu almond yang lagi hits atau kita tambahkan pada oatmeal dan smoothie bowl kita lho. Selain itu, kacang almond yang dipanggang tanpa garam terlalu banyak juga cocok banget untuk kita makan lho.

3. Dada ayam

Nah, kalau kamu lagi diet dan ingin makanan berprotein tinggi untuk membantu kamu menurunkan berat badan. Dada ayam cocok banget nih untuk kamu makan karena kalorinya rendah dan proteinnya tinggi sehingga bikin kamu kenyang tanpa berkalori tinggi. Protein dalam 1 ons dada ayam rebus tanpa bumbu juga tinggi banget. Yaitu 31 gram per ons lho. Selain itu, kadar garam yang rendah di dada ayam juga cocok untuk kita yang berisiko terkena hipertensi.
Dada ayam bisa kita makan bareng salad supaya kita juga mengkonsumsi serat yang tinggi juga. Dada ayam juga enak banget dimakan dan tetap sehat ketika ditumis bareng sayuran atau dipanggang menjadi steak tanpa bumbu berlebihan.

4. Greek yogurt

Yogurt memang pada dasarnya mengandung protein yang banyak. Tapi, menurut majalah Prevention, yogurt jenis greek yogurt adalah yang paling baik untuk kesehatan kita lho karena mengandung 2 kali lebih banyak protein. Selain itu, greek yogurt juga mengandung bakteri baik yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan dan bikin perut nggak buncit.
Walaupun greek yogurt sehat banget, hati-hati dengan bahannya ya. Pastikan greek yogurt yang kita konsumsi nggak ditambahkan zat aditif buatan dan gula tambahan yang bikin kita nggak sehat.

5. Kentang Panggang

Makanan yang satu ini terkenal dengan karbohidratnya yang banyak dan seringkali disebut sebagai musuh orang yang sedang diet. Tapi, sebenarnya kentang panggang justru bermanfaat banget untuk menurunkan berat badan lho karena mengandung protein yang lumayan banyak. Kalau mau menambah topping di kentang panggang, sebaiknya tambahkan topping berupa sayur atau daging cincang tanpa bumbu terlalu banyak ya.

6. Tuna

Sama seperti dada ayam, tuna juga mengandung sekitar 30 gram protein per onsnya. Selain itu, salah satu daging ikan yang paling banyak dikonsumsi sedunia. Ini juga mengandung selenium untuk mengurangi risiko terkena penyakit autoimun dan niacine yang mencegah depresi.
Walaupun tuna enak banget dikonsumsi dalam bentuk sashimi atau dicampur spaghetti. Hati-hati dengan jenis tuna yang kita konsumsi ya. Jangan makan tuna kalengan yang mengandung terlalu banyak garam sehingga bikin kita gampang terkena hipertensi. Selain itu, hindari juga tuna Maguro dan Bluefin yang udah langka ya.

 

5 Tips Sahur agar Tubuh Tak Berpuasa 2019

Tanpa terasa bulan Ramadan telah tiba. Ibadah puasa Ramadan memang wajib dijalankan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadan biasanya jadi kesempatan untuk memperbanyak ibadah dan berlomba-lomba mendapatkan pahala. Sayangnya, puasa bagi sebagian orang kadang jadi alasan untuk bermalas-malasan. 5 Tips Sahur agar Tubuh Tak Berpuasa.
Padahal dengan cara yang benar, puasa malah bikin tubuh sehat. Selama ini tubuh yang lemas jadi alasan kenapa bermalas-malasan saat puasa. Tubuh lemas ini bisa jadi karena cara atau menu sahur Anda yang salah. Berikut ini ada lima tips sahur yang benar agar tubuh kita selalu segar walaupun sedang berpuasa. 5 Tips Sahur agar Tubuh Tak Berpuasa.

1. Porsi sewajarnya

Yang pertama, makanlah dengan porsi sewajarnya saat sahur. Jangan karena akan puasa, membuat Anda makan tanpa kontrol dan dalam porsi banyak. Makan berlebihan saat sahur justru bisa membuat tubuh tak berenergi saat puasa. Karena Anda jadi mudah ngantuk akibat terlalu banyak makan.

2. Karbohidrat kompleks

Lalu kedua, konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks karena lama dicerna oleh usus jadi bisa menyimpan banyak energi cadangan dalam tubuh. Selain itu, perbanyak juga protein agar tubuh tak mudah lemas memasuki siang hari. Hindari makanan berlemak dan pedas.

3. Makan dengan santai

Ketiga, mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru juga berpengaruh pada kualitas puasa. Saat sahur, coba makan dengan santai. Makan dengan cepat ternyata bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu dan perut pun cepat kosong sehingga mudah lapar.

4. Perbanyak minum air putih saat sahur

Selain itu, perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Perbanyak juga makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi, supaya terhindar dari konstipasi atau sembelit selama berpuasa.

5. Jangan tidur usai salat subuh

Yang kelima , usahakan jangan tidur usai salat subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur akan terbuang sia-sia. Dengan lima langkah ini, tentu tak ada alasan tubuh terasa lemas saat berpuasa.